KONSULTAN HRD DAN training
Di dalam banyak perusahaan atau industri, posisi Human Resources Development atau bagian personalia merupakan salah satu bagian penting bagi kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Sering kali posisi HRD dianggap sebagai nyawa dari suatu perusahaan sehingga tak jarang posisi ini cenderung mendapat otoritas yang cukup tinggi dan dominan di posisi manajerial perusahaan dalam mengambil langkah atau kebijakan bagi para pekerjanya.
Pada prakteknya, cukup banyak dari para pencari kerja atau jobseeker yang menginginkan posisi ini, terutama bagi para jobseeker yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang psikologi, ekonomi atau hukum. Mungkin banyak juga dari Anda yang tidak terlalu memahami tentang apa itu HRD dan mengapa pekerjaan ini dianggap sebegitu penting dalam suatu perusahaan. HRD atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai bidang sumber daya manusia, adalah bagian atau divisi dalam suatu manajemen perusahaan yang bertugas untuk mengatur serta mengembangkan sumber daya atau kemampuan seluruh pekerja yang ada dalam suatu perusahaan. HRD bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen atau pencarian tenaga kerja, mulai dari mencari kandidat terbaik, melakukan sesi wawancara atau interview, sampai proses penyeleksian.
Seorang HRD juga bertanggungjawab penuh dalam mengelola dan menggali kemampuan dari setiap tenaga kerja yang ada serta mengembangkan potensi para tenaga kerja ini melalui beberapa metode seperti membuat penilaian kinerja karyawan atau yang kita kenal dengan KPI (Key Performance Index) dan juga memberikan pelatihan-pelatihan atau training mengenai kepemiminan dan ketermapilan lain dalam dunia kerja. Selain itu, untuk menjadi seorang HRD diperlukan beberapa keahlian khusus seperti menguasai dan mampu mengoperasikan alat tes psikologi, memahami undang–undang ketenagakerjaan dan juga sistem penggajian (payment and payroll).
Tetapi masih banyak kita temukan di beberapa perusahaan justru hrd ini di hapuskan dengan alasan bermacam-macam. Mereka mempercayakan tugas ke HRD an kepada perusahaan ketiga , misalnya Konsultan HR yang banyak ditemukan.
- Beberapa rung lingkup pekerjaan dari seorang HRD adalah
2. Seleksi / screening data dan sertifikasi calon karyawan
3. Penyusunan Peraturan perusahaan
4. Peningkatan kwalitas tenaga kerja dengan memberikan training dan workshop
5. Menyelesaikan perselisihan buruh/karyawan-mengusaha
6. Penyusunan standard penggajian karyawan I remunerasi
7. MEMBERIKAN TRAINING
8. dan lain-lain
Kami sebagai perusahaan konsultan HRD siap membantu bapak / ibu dalam menyusun HRD sistem, Training, penyusunan peraturan perusahaan, review pp, pembuatan sop, analisa jabatan, serta dapat juga memberikan konsultasi HR yang berbasis OS atau web.
Mantap....
BalasHapus